Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Tips Menyimpan Makanan di Kulkas

Tips Menyimpan Makanan di Kulkas. Menyimpan Makanan di Kulkas memang sangat membantu para wanita. Apalagi bagi wanita atau ibu rumah tangga yang tidak bisa setiap hari membeli bahan makanan segar. Tetapi, salah menyimpan bahan makanan malah bisa jadi berantakan lho! Alih alih menghemat anggaran belanja, belanjaan justru membengkak untuk mengganti bahan makanan yang rusak karena salah penyimpanan.
Lalu, bagaimana cara menyimpan makanan di kulkas yang benar? Yuk simak tips nya berikut ini.

Tips Menyimpan Makanan di Kulkas

Bahan makanan segar.

Simpan ikan dan ayam di dalam kotak bertutup dan cantumkan tanggal penyimpanan, setelah dibersihkan. Demikian pula daging. Agar terjaga kesegarannya masukkan di freezer. Lebih tahan lama lagi, apabila ayam dan daging diungkep, dimasak setengah matang bisa diberi jahe dan bawang putih agar beraroma sedap.

Sediakan pojok khusus bahan makanan anak

Misalnya rak pertama. Apalagi jika Anda memiliki stok ASI, simpan di wadah khusus yang tertutup di rak tersebut. Sebaiknya tidak menyimpan makanan sisa lebih dari 1 hari dalam kulkas.

Cek isi kulkas setiap hari

Cek setidaknya saat Anda sedang membereskan belanjaan bahan makanan sebelum disimpan di lemari pendingin maupun freezer. Kemasan bahan makanan yang telah dibuka, sebaiknya diikat dengan penjepit yang mencantumkan tanggal dan bulan dibuka atau masukkan wadah tersendiri dan beri label agar tak terkontaminasi bakteri yang terbawa telur, atau bahan makanan mentah lainnya.

Bahan makanan kering.

Simpan bahan makanan kering dalam lemari sendiri beri label jika telah dibuka untuk mencantumkan tanggal dibuka. Sebaiknya, masukkan ke dalam wadah bertutup yang kedap udara agar lebih tahan lama. Cek juga kadaluarsa dan kondisi bahan makanan kering 1 2 minggu sekali.
Jangan lupa untuk membersihkan atau mengolah bahan bahan makanan berikut sebelum menyimpannya.
  1. Ati-Ampela ayam atau jeroan sapi (cuci, sisihkan lemak, rebus)
  2. Daging sapi atau ayam cincang (oseng)
  3. Daging ayam (cuci, sisihkan lemak, ungkep)
  4. Daging sapi/kambing (cuci, sisihkan lemak, rebus)
  5. Ikan dan seafood (cuci, bersihkan, beri jeruk)
Nah, gampang kan? Semoga tips menyimpan makanan di kulkas di atas bermanfaat ya! Terima kasih

Click to comment